Begini Komentar Warganet Mengenai Iklan Es Krim Bertema Kolosal Yang Sedang Viral
Sejak Jumat, 7 Juli 2017 lalu media sosial dihebohkan dengan video iklan es krim yang bertema kolosal. Awalnya, banyak yang mengira kalau itu merupakan cuplikan sebuah drama tentang kerajaan yang sedang tayang di Indonesia. Padahal adegan tersebut sebenarnya adalah iklan es krim dengan merk terkenal, yakni Indoeskrim yang disutradarai oleh Dimas Djayadiningrat. Hal itu diketahui dari foto-foto di balik layar pembuatan iklan tersebut yang diupload oleh Dimas Djay, sapaan akrabnya, di akun instagramnya.
Keunikan Iklan Es Krim Bertema Kolosal
Sejak diupload beberapa waktu lalu di channel Indoeskrim Indonesia, video iklan yang berdurasi sekitar 3 menit ini menjadi viral. Apalagi terdapat hal-hal unik yang membuat warganet terpingkal-pingkal begitu menontonnya, yakni:
1. Jalan ceritanya menarik.
Iklan es krim berjudul ‘Kisah Legenda Nusantara’ tersebut mengadaptasi serangkaian adegan yang ada di serial Brama Kumbara (1990-an). Iklan dibuka dengan pertikaian antara dua bersaudara yang berebut makanan. Kemudian punggawa kerajaan melaporkan insiden tersebut kepada sang Ratu dengan walkie talkie. Tapi, sang Ratu yang berusaha menghentikan pertikaian justru mengalami luka akibat dilawan anaknya. Ratu yang lemah tak berdaya langsung menelepon suaminya yang kemudian datang dengan menunggang burung Garuda.
2. Menggunakan metode dubbing.
Model iklan tidak menggunakan suaranya sendiri, melainkan memanfaatkan metode dubbing. Sehingga, terdengar agak aneh dan cheesy.
3. Menggunakan teknologi yang sedang trend.
Keunikan iklan es krim bertema kolosal yang paling membuat warganet terpingkal-pingkal adalah ketika dua karakter, yaitu sang Ratu dan Raja menggunakan iPhone sebagai gadgetnya.
Beberapa adegan yang menampilkan penggunaan teknologi terkini adalah:
1. Saat Ratu menelepon suaminya, Brama Kumbara dengan iPhone yang casingnya sangat besar dan memiliki ukiran ala kerajaan.
2. Saat Brama Kumbara mengangkat panggilan sang istri saat sedang menunggang burung Garuda. Nada dering yang digunakan pada ponselnya mirip seperti nada dering iPhone.
3. Ketika Brama Kumbara pergi ke lokasi sang istri dengan memanfaatkan navigasi pada aplikasi peta.
4. Ketika Brama Kumbara datang serta membagikan es krim yang dibawa di istana. Banyak peralatan elektronik yang digunakan, seperti magic jar, microwave dan dispenser yang didesain ala aksen kerajaan.
4. Dialog yang menarik.
Sang suami berkata, “Aku segera datang”, sambil mengecek aplikasi Google Maps di ponsel yang membimbingnya menuju lokasi sang istri dengan bahasa Inggris.
Komentar Warganet
Hingga saat ini, iklan es krim bertema kolosal tersebut telah ditonton lebih dari 400.000 orang. Selain menjadi trending di Youtube, iklan unik itu juga tersebar luas di Twitter dan Facebook. Bahkan, ketika diupload oleh akun Instagram 9GAG, cuplikan videonya telah ditonton lebih dari 9 juta kali dan mendapat ribuan komentar.
Tidak sedikit warganet yang mengapresiasi ide kreatif tersebut dengan memosting komentar seperti:
“Iklan RECEH tapi gak REMEH J!,” tulis pemilik akun yang bernama Robertus Cahyo.
“Mantab soul. Tergugah selera. Ice cream Bangsawan,” tulis Allin Envy.
“Game of Thrones lewat jauh ini mah.... Gila iklan ter-masterpiece di Indonesia,” tulis Nirwan Syahputra.
Ada pula yang mengomentari jalan cerita dan adegan-adegan dalam iklan tersebut, seperti:
“Ice Cream di zaman post-apocalyptic,” tulis hatihatiDiInternet.
“LoL, komedinya dapet Mas @dimas.djay ampe di blast 9gag,” tulis @andinindino.
“Jual casing baginda ratu, minat pm,” tulis pengguna bernama #SAAENIH